LITERASI KEUANGAN DAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT
Abstrak
Kredit berarti kegiatan yang memberikan economic value kepada seseorang atau
badan usaha berlandaskan kepercayaan dan kesepakatan telah disetujui antar kreditur
dan debitur. Keputusan pengambilan kredit bagi seseorang dilakukan dalam rangka
memenuhi dan menjalankan kebutuhan operasionalnya yang dipengaruhi beberapa
faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi pengambilan kredit pada masyarakat Surabaya Timur, yang terdiri dari
literasi keuangan, dan faktor- faktor Sosiodemografi (usia, jenis kelamin, pendapatan,
pendidikan dan status pernikahan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini
dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 100 orang masyarakat
Surabaya Timur yang diambil menggunakan metode purposive sampling dan insidental
sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier
berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh
positif terhadap pengambilan keputusan kredit. Pendapatan, jenis kelamin, tingkat
pendidikan, usia dan status pernikahan tidak berpengaruh terhadap pengambilan
keputusan kredit.